Minggu, 16 Oktober 2011

Kata Kunci


Dari kisah kehidupan Buddha, kita tahu Beliau punya satu kebiasaan yang luar biasa: pada setiap subuh hari, setelah bangun dari tidur yang sangat singkat, Buddha bermeditasi untuk memindai seisi dunia. Bagaikan radar dahsyat, Beliau mengindra untuk mencaritahu adakah makhluk-makhluk yang hanya memiliki sedikit debu di matanya, yang berpotensi untuk mencapai pencerahan dalam hidup ini?

Tak sedikit kisah dalam kitab suci bercerita tentang makhluk-makhluk ini, tentang bagaimana lalu Buddha bertemu dengan mereka dan memberitahukan tentang sedikit debu di mata mereka. Jalan ceritanya hampir selalu sama, dan akhirnya pun selalu bahagia. Hanya saja, terkadang Buddha menunggu kedatangan mereka, tetapi di lain waktu Beliau-lah yang mendatangi di mana pun para makhluk itu tinggal.

Apa yang kita lihat dari sudut pandang kita, bahwa ketika Buddha menunjukkan, melalui sebuah pembabaran Dhamma yang kadang ringkas kadang cukup panjang pada suatu tema tertentu, setiap dari para makhluk itu dengan begitu luar biasanya langsung tercerahkan? Kita takjub! Dan di relung terdalam hati, kita mungkin merasa “iri”: betapa  beruntungnya mereka!

Bagaimana bisa hanya dengan mendengarkan suatu pembabaran dari Buddha lantas, seperti bim salabim, tercerahkan? Mengapa kita yang saban minggu dan sudah beratus-ratus kali mendengarkan pembabaran Dhamma, atau membaca setumpuk tinggi buku-buku Dhamma, atau bahkan berlatih tekun bertahun-tahun dalam mengembangkan kebajikan dan kebijaksanaan, hingga detik ini, masih belum tercerahkan juga?

Selain karena keluarbiasaan Buddha dalam menyampaikan Dhamma, bahwa betapa Buddha mampu membuat setiap pembabaran-Nya di dengar oleh setiap audien-Nya sebagai semata-mata ditujukan hanya untuk setiap diri mereka sendiri, Buddha pun tahu apa tema yang paling tepat untuk disampaikan kepada para makhluk itu. Beliau tahu kata kuncinya, Beliau sangat tahu aspek Dhamma yang manakah yang telah para makhluk itu latih dan renungkan berulang-ulang kali dalam kehidupan-kehidupan lampau mereka yang tak terkira. Mereka telah menimbun satu potensi pencerahan yang luar biasa, siap meledak dengan hanya dipicu oleh satu kata kunci yang tepat, pada saat yang tepat, dan oleh makhluk hebat yang tepat.

Kini di sini, kita bisa bercermin dari kisah-kisah itu. Dhamma sangat luas dan mendalam. Kita tak harus mengambil dan memahami semua bagiannya sekaligus. Seperti perumpamaan tentang air laut: bila Dhamma adalah air laut, Dhamma akan memiliki rasa yang sama tak peduli di bagian mana dari laut itu kita cicipi airnya.

Maka, misalnya, kita bisa mengambil aspek perenungan tentang kematian sebagai latihan kita, tema yang akan kita bentuk menjadi kata kunci kita. Atau kita dapat melatih perenungan dalam sifat-sifat mulia Buddha, keagungan Dhamma, atau teladan dari para suciwan sebagai latihan kita yang kita lakukan berulang-ulang tanpa kenal lelah dan bosan. Dan pada saatnya nanti, jika kita masih belum tercerahkan juga, kita pasti akan ditemukan oleh seorang makhluk hebat yang mampu memindai potensi kita dan mengetahui kata kunci yang pas untuk membuka pintu hati kita, untuk membebaslepaskan punai pencerahan kita.

Merdeka!

180607

Tidak ada komentar:

Posting Komentar